May 29, 2010

Tentukan Perubahan, Jangan Menunggu!

 Ditulis oleh: Anne Ahira

Harmen, Banyak orang yang suka mengeluh dalam  hidupnya. Misalnya, dengan menyalahkan
nasib buruk yang menimpanya.  Tentu saja cara ini tidak akan pernah menjadikan  kehidupannya menjadi lebih baik, bukan? Ada pepatah bijak mengatakan :       "You can not chance the wind direction, but you can only chance your wing   direction"
Kita  tidak akan pernah bisa merubah  arah angin, yang dapat kita lakukan adalah mengubah arah sayap.

Dengan kata lain...'Realita' kehidupan tidak akan berubah  kecuali kita sendirilah yang mengubah
'sudut pandang' terhadap realita yang ada!      Fakta: "Tidak ada seorang pun yang       memilih kita untuk sukses. Kita sendirilah   yang menentukan pilihan tersebut!"  Kebanyakan orang akan tertarik sejenak
ketika diingatkan akan hal di atas, tapi  kemudian berlalu kembali.... Sementara  waktu terus berjalan, dan akhirnya tidak  pernah ada perubahan dalam hidupnya!  Sangat disayangkan.

Seringkali orang tidak berani melakukan  perubahan dalam hidupnya. Dia hanya  menunggu, dan menunggu adanya  perubahan tersebut.  Menunggu bantuan orang lain, menunggu  bantuan teman untuk mendapatkan  pekerjaan yang enak, sampai menunggu  warisan ;-)

Sekarang logikanya, jika memang hanya  dengan menunggu perubahan itu akan  datang, maka jumlah orang sukses  seharusnya jauh lebih banyak. Bukankah kenyatannya tidak demikian? Lalu, jika ingin sukses, apa yang  seharusnya kita lakukan?  Ciptakan perubahan!
Jangan selalu menunggu orang lain. Berikut beberapa tips yang bisa membantu  kita untuk menciptakan perubahan:

1. Do your best, whatever happens   will be for the best!      Lakukan dan selesaikan semua tugas     dan pekerjaan semaksimal mungkin,  bukan hanya terus menunggu dan  berharap.      Lakukan semuanya dengan tujuan  untuk selalu mendapatkan hasil *terbaik*  yang bisa Harmen capai!

2. Mulai buat jaringan seluas-luasnya.    Dengan banyak mengenal orang,     maka pengetahuan kita akan semakin  bertambah.  Seseorang yang kelihatannya sederhana  bisa jadi menyimpan kedalaman ilmu      yang tidak kita duga!   Oleh sebab itu, alangkah bijaknya jika  kita menjadikan 'setiap orang adalah guru'  dan kehidupan ini adalah universitasnya.

3. Berusahalah selalu untuk bersikap proaktif.  Sikap ini sangat diperlukan jika ingin  mendapatkan kesempatan yang lebih  luas dan cepat dalam berbagai macam hal!

4. Bersikaplah Fleksibel.  Cobalah untuk memahami suatu hal  dari berbagai sudut pandang. Jangan     terpaku pada satu cara, yang bisa jadi  tidak lagi relevan kita gunakan.   Dengan bersikap fleksibel, wawasan   kita akan semakin bertambah.   Satu hal penting yang harus selalu diingat:  Kita-lah yang memutuskan untuk berubah.  Kita-lah yang menentukan menjadi sukses,  bukan orang lain!

Jika pilihan sukses tidak pernah kita ambil, maka orang lain akan mengambil pilihan tersebut.  Dan, kita akhirnya hanya akan menyaksikan  kesuksesan mereka, tanpa pernah merasakannya... Bukankah Harmen tidak berharap demikian?  Jika memang tidak, tentukan perubahan...

MULAI HARI INI. Jangan terus menunggu! ^_^ Mau Lihat Surat Ahira Untuk Saya    KLIK Disini
Sukses untuk Harmen :-)

No comments: