June 14, 2010

Beriklan Dengan Blog

Salah satu bisnis internet yang bisa dan mudah anda lakukan adalah bisnis periklanan. Caranya gampang, yaitu dengan mengalokasikan sebagian ruang di blog Anda untuk menampilkan iklan bisnis orang lain, atau kerjasama dengan penyedia layanan iklan. Anda bisa dapat banyak uang dengan cara ini. Contohnya biar saya jelaskan nanti, teruskan saja membacanya. Tapi seberapa besar yang bisa dijanjikan bisnis seperti ini? Jawabnya juga tergantung. Kalau anda hanya sekedar buka kedai di tengah kampong kumuh, tentu akan sangat berbeda keuntungan yang anda peroleh kalau anda buka took di Mall.

Contohnya begini: Katakanlah Kumpul Blogger, atau Adsense Camp Indonesia atau AdsenseCamp sebagai penyelenggara bisnis periklanan, anda tahu sendiri kan? ribuan orang memasang iklan di di sana, di satu tempat. Anda tinggal melakukan hal sederhana. Mendaftarkan blog Anda sebagai website owner, untuk itu anda akan dipersilahkan mengisi formulir administrasi mereka. Kalau proses pendaftarannya sudah oke, nanti Anda akan mendapatkan KODE iklan dalam bentuk html, kemudian kode iklan ini anda masukkan atau tempelkan di website anda, maka kode tadi akan otomatis berubah menjadi iklan yang berasal dari pemasang iklan yang jadi sponsor (Advertiser). Sederhana sekali.

Secara logika dagang, Anda dibayar karena telah membantu penyelenggara iklan menayangkan iklan client mereka lewat blog anda, dalam hal ini oleh sponsor atau adsense camp Indonesia atau kumpul blogger tersebut. Sedangkan mereka, dibayar oleh klien mereka yang produknya ikut anda iklankan, mereka membayar sebagai biaya iklan, dan anda kebagian komisi. Begitu ceritanya.

Pembayaran bermacam-macam, tetapi yang umum, dilakukan per klik, artinya setiap terjadi klik oleh orang lain terhadap iklan di blog Anda maka Anda telah dianggap berjasa dan untuk itu Anda dibayar, tentu maksud saya dihitung komisi Anda, selanjutnya komisi Anda dikumpulkan dan dibayarkan ke rekening Anda setiap tanggal tertentu. Tetapi anda harus patuhi aturannya, artinya anda tidak boleh mengklik iklan anda sendiri.

Banyak orang yang memanfaatkan kesempatan ini, dan tentu saja mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat lumayan dengan menjalankan program periklanan seperti ini. Untuk saat ini cara bisnis periklanan internet seperti ini sedang ngetrend, dan juga cukup diminati pasar, mengerjakannya pun cukup mudah, yang penting blog anda ramai pengunjung. Ramai pengunjung? Itu dia, kalau blog anda ga ada pengunjungnya atau ada tapi ga ramai, ya bisnisnya juga ga akan jalan. Karena itu membuat blog ramai pengujungnya, itu lain lagi. Dan sesungguhnya, itulah jantung bisnis on-line,

Yang penting, anda harus kompeten. Ingatkan apa kata Arifin Panigoro (pebisnis energy utama Indonesia), menurutnya ada sembilan prinsip bisnis yang perlu dipegang untuk sukses. Kesembilan prinsip itu adalah intuisi (memadukan kata hati dan akal sehat), kesetaraan (bersikap adil kepada lawan sekalipun), kejujuran (jujur itu langgeng), percaya diri (yakinkan diri, pengaruhi orang lain), jejaring (sejuta kawan kurang, satu lawan jangan), tanggung jawab (tunaikan kewajiban, hadapi persoalan), sumber daya manusia (pilih yang terbaik dan berdayakan), inovasi (berkarya tanpa jeda), serta peduli (menumbuhkan entrepreneurship).

Nah dalam bisnis periklanan inipun anda harus jujur, tentunya sebagai seorang web owner Anda tidak dipebolehkan curang seperti mengklik iklan Adsense Camp di blog Anda sendiri. Jika Anda curang maka pasti ketahuan karena mereka punya teknologi yang canggih untuk mendeteksi hal tersebut. Nah. Bagaimana cara mendaftarnya dan bagaimana langkah-langkah untuk mulai bisnis periklanan ini. Maka kunjungi saja site mereka di kumpul blogger atau Adsense Indonesia ini. Caranya sederhana, jadi ga perlu dituntun pun anda pasti bisa.

No comments: