October 31, 2009

Program Affiliasi, Boleh Juga



Program Affiliasi (juga dikenal sebagai program referral atau program partnership/ kemitraan) menawarkan sebuah cara untuk memanfaatkan traffic yang datang ke website anda untuk memberikan pendapatan (uang) bagi anda, tanpa perlu repot dan biaya untuk menjual sesuatu. Sebaliknya anda mendapat komisi karena telah menciptakan sebuah transaksi. Apa yang disebut “transaksi” dan berapa nilainya, berbeda untuk setiap program affiliasi.

Program Affiliasi umumnya ditawarkan oleh situs yang menjual barang atau jasa, walaupun ada juga yang menawarkan transaksi dalam bentuk lain, seperti misalnya dengan membawa pengunjung untuk mendaftar untuk berlangganan free newsletter, mengisi formulir, atau sekedar mengunduh sebuah screensaver.

Kebanyakan program affiliasi memberi komisi berdasarkan persentase pendapatan yang terjadi akibat pembelian dari pengunjung yang berasal dari website anda. Sebagai contoh, jika anda berpartisipasi dalam sebuah program affiliasi yang menawarkan komisi 10% dan anda mengirimkan seorang pengunjung yang membeli barang seharga $100, maka anda akan mendapat komisi sebesar $10. Besar komisi bervariasi mulai dari 1% (biasanya untuk barang mahal dari produsen terkenal) hingga 50% (biasanya untuk barang kecil seperti eBook,dll)....

Sebagian program affiliasi menawarkan Pay-per-lead ketimbang Pay-per-sale – dengan arti kata, anda membawakan mereka calon pelanggan dan mereka membayar komisi yang besarnya telah ditetapkan, sebagai “imbalan” atas peluang yang mereka dapatkan untuk memasarkan barang/jasa bagi calon pelanggan tersebut. Praktek affiliasi model ini banyak diselenggarakan oleh industri asuransi dan kartu kredit.

Ada juga model affiliasi lain yang menawarkan pembayaran (dengan nilai yang sangat kecil) untuk setiap pengiriman pengunjung ke sebuah situs, atau pembayaran untuk setiap unit iklan yang tertayang (biasanya berupa banner atau iklan pop-up/pop-under). Program affiliasi demikian memberikan pembayaran tanpa memandang apakah seorang pengunjung berubah menjadi pelanggan mereka atau tidak.

Apabila anda bergabung dalam sebuah program affiliasi, anda akan diberikan sebuah URL (atau serangkaian URL) berformat khusus yang akan anda pergunakan untuk menciptakan link ke situs pemilik/provider program affiliasi tersebut. Hal ini akan memungkinkan provider affiliasi (bisa produsen barang/jasa, atau pihak ketiga atas nama produsen barang/jasa) untuk menelusuri traffic yang berasal dari website anda dan mencatat apabila ada tindakan (pembelian,pengisian form, dll) berlangsung.

No comments: