October 27, 2009

Bagaimana Membuat Pesan Marketing Yang Jelas

Oleh : Joko Susilo

Ini bukan soal email marketing, juga bukan SMS marketing, namun pesan marketing adalah pesan yang ingin anda sampaikan pada konsumen tentang nilai produk atau jasa anda.

Pesan marketing yang membuat konsumen terpikat. Pesan yang sampai pada konsumen dan membuat mereka percaya bahwa masalah mereka akan teratasi berkat produk anda. Pesan marketing pula yang membuat konsumen lebih memilih produk anda dibanding dengan yang lain.

Contoh pesan marketing yang biasa disampaikan misalnya, produk anda lebih ampuh dibandingkan produk lain, dukungan layanan yang aktif, dan sebagainya. Untuk Formula Bisnis, ada 30 ALASAN mengapa Anda harus memilih formulabisnis.com (SMUO) seperti disampaikan Mas Ahmad Wasim.

Di dunia offline, pesan marketing Honda yang irit sampai sekarang terus tertancap benak konsumen. Pesan marketing Yamaha yang semakin di depan menjadi andalan untuk mendongkrak penjualan. Pesan-pesan marketing semacam itu memudahkan brand produk untuk menduduki top of mind konsumen....

Anda sendiri pun mungkin sudah mengembangkan pesan marketing untuk bisnis anda agar lebih berkembang. Namun yang saya sayangkan sering kali saya temui ada yang tidak tepat. Maksudnya mungkin untuk membuat pesan marketing, namun yang dilakukan adalah kesibukan menonjolkan diri sendiri.

Contohnya, mungkin anda pernah mendapatkan sebuah brosur atau flyer tentang sebuah penawaran misalnya. Di dalamnya berisi visi, misi, dan bahkan ulasan singkat tentang pemilik. Sama sekali tidak ada pesan marketing yang disampaikan, sama sekali tidak ada apa yang bisa dilakukannya untuk anda. So?

Hal semacam ini mungkin sangat umum terjadi. Banyak yang mungkin mengira bahwa konsumen ingin tahu siapa sebenarnya penyedia jasa. Padahal sebenarnya yang paling dipedulikan konsumen adalah bagaimana anda mampu menyelesaikan masalah saya. Itu saja.

Pesan marketing penting karena dipakai dalam segala kegiatan marketing anda. Kalau anda punya pesan marketing yang kuat yang dikombinasikan dengan promosi yang efektif, anda tak perlu lagi khawatir soal mendapatkan konsumen. Anda akan mendapatkannya jauh lebih gampang.

Ketika anda mengembangkan pesan marketing yang efektif, anda bisa mulai menggunakanya di semua medium marketing, baik situs web, blog, iklan online, maupun sarana promosi offline seperti kartu nama, brosur, dan lainnya. Bahkan juga dalam komunikasi yang anda lakukan, pesan marketing dapat diselipkan. Baik lewat faks atau dalam layanan customer service.

Masih ada yang berpikir kenapa penjualan anda kurang berhasil? Coba lihat kembali pesan marketing anda!

No comments: