August 15, 2009

RSS, Pengganti E-mail Marketing?

Oleh Heris Yunora

RSS (Really Simple Syndication) telah disebut sebagai teknologi tekan dan jadi, simple, sederhana tapi sangat berfungsi. Serba otomatis, teknologi ini memungkinkan orang untuk tetap up-to-date dengan informasi baru, tanpa harus mengunjungi situs setiap hari. Dengan kemampuan teknologi RSS telah membuat banyak orang percaya bahwa penerbitan RSS akan menggantikan email pemasaran.

Saat ini, orang telah menyadari pentingnya menggunakan filter spam untuk menangkap spam email. Dengan demikian Anda harus berpikir tentang software yang mampu menghindarkan email Anda tertangkap oleh perangkat lunak penyaringan spam,sehingga e-mail anda selamat di tujuan. Dengan RSS, tidak ada resiko bahwa pesan Anda akan berakhir di folder spam. RSS adalah jauh lebih sederhana dan lebih menarik untuk berkomunikasi dengan prosfek potensial anda atau klien maupun pelanggan.

RSS dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas informasi ke situs Web Anda juga. Hal ini dilakukan dengan mengirimkan informasi ke RSS feed direktori dan mesin pencari. Selain itu, beberapa webmaster mungkin menggunakan RSS feed untuk menyediakan konten di situs Web mereka. Dengan kata lain cara ini memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten secara elegan dan tentu saja akan lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Tanpa RSS, maka seorang webmaster yang akan mempostingkan artikelnya dan ingin ditampilkan pada situsnya, maka ia harus menyalin artikel dan menyusunnya serta mengintegrasikan ke dalam file template nya, baru kemudian posting. Dengan RSS, semua proses yang memakan waktu dan membosankan tersebut dapat dihapuskan. Penerbitan konten yang dibuat oleh orang lain dapat dilakukan secara otomatis dengan perangkat lunak seperti Carp.

Namun, walaupun RSS memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai tugas pemasaran yang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan email, ada beberapa kali email pemasaran terperangkap oleh software, dan menempatkan e-mail pemasaran anda ke dalam spam. Hancur deh jadinya, dan kalaupun selamat di tujuan tetapi akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa di baca sang penerima. Namun demikian sampai saat ini masih banyak marketer sukses yang masih memasarkan produk mereka di internet dengan memanfaatkan ritual otomasi tersebut.

Sampai saat ini, pemasaran e-mail otomatis masih jadi pilihan utama dan digunakan untuk mengirim pesan, sarana tindak lanjut dan kampanye persuasi lainnya. Pemasaran dengan perangkat tersebut memungkinkan anda untuk mempersonalisasi pesan-pesan Anda dengan pelanggan atau calon kastomer lainnya dengan lebih mepersonalisasi pesan-pesannya. Cara Otomasi ini lebih fleksibel dalam meramu dan mengubah pesan, sehingga menjadi komunikasi personal, dan cara-cara ini kemungkinan besar dan dapat dipastikan akan dapat meningkatkan respon yang lebih tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa personalisasi email lebih sering dibuka, dan masyarakat pada umumnya lebih cepat memahami isi pesan email personal ini. Walaupun mungkin, dan bahkan bisa di duga masih jarang pemasar yang melakukan kegiatan seperti itu mereka terapkan pada teknologi RSS....

Dengan cara otomasi ini banyak layanan dan perangkat lunak pendukungnya yang memungkinkan anda untuk men-setup sebuah thank-you page secara lebih mudah dan sekaligus memanfaatkannya untuk melakukan sesuatu seperti menampilkan Satu Penawaran khusus untuk pelanggan baru. Thank-you page adalah tempat yang baik untuk upaya persuasi serupa lainnya serta upaya merekomendasikan suatu produk atau layanan baru dengan mantap. Ada banyak penjualan dan teknik pemasaran yang telah dibuat dengan menggunakan teknik pemasaran seperti ini.

Bila ada pelanggan yang memesan melalui situs Web, otomatis memungkinkan anda untuk segera mendokumentasikannya, dan melayani pembeliannya secara baik dan cepat. Email pemasaran dengan memanfaatkan software dan perangkat seperti ini juga memberikan kesempatan banyak untuk 'berbicara' ke para pelanggan tentang berbagai kegiatan dan pengembangan produk di masa mendatang. Misalnya, untuk membiarkan dan mengusahakan agar mereka lebih tahu tentang produk atau jasa lainnya, yang telah bekerja atau member manfaat dengan baik atau sama dengan salah satu yang telah mereka beli. Intinya adalah. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan Anda, mereka akan dengan senang hati mendengarkan atau menunggu penawaran anda yang terbaru dan bahkan mengantisipasi lahirnya produk anda yang baru.

Sejauh ini RSS telah membuktikan diri dan telah menjadi dan bahkan sudah menjadi metode distribusi berita dan informasi online yang jadi pilihan. Teknologi ini telah banyak digunakan untuk menyampaikan informasi utama, link atau hampir setiap informasi ke pembaca. Selain itu, untuk mengirimkan RSS feed ke direktori dan mesin pencari telah menjadi cara yang populer dan lebih mudah, dan itu berarti akan menjadikan website anda lebih banyak pengunjung.

Singkatnya, RSS adalah metode cespleng dan jadi pilihan yang baik mudah untuk menjalankan tugasnya dalam menyebar luaskan informasi . Di sisi lain system otomasi masih menjadi sarana penting dan alat dan sarana yang baik dalam pemasaran. Modern autoresponders dapat menyediakan berbagai kontrol dan kendali yang diperlukan untuk aplikasi penjualan atau pun pemasaran. Meskipun banyak pemasar menyatakan bahwa pemasaran lewat email kian terancam dengan peningkatan teknik kontrol spam. Kenyataannya adalah banyak perusahaan, bahkan yang terkemuka, masih menggunakan email untuk melakukan berbagai tugas seperti pemasaran, menginformasikan produk dan bahkan dalam mengembangkan hubungan baik dengan pelanggan potensial.

No comments: