July 12, 2009

Kalau Blog Belum Menghasilkan

Oleh : Harmen Batubara

Tadinya orang banyak yang ngiler, terlebih lagi kalau dengan satu blog bisa menghasilkan sekian. Lha bagaimana kalau punya sekian Blog,dan seterusnya. Ternyata dalam kenyataannya, tidaklah demikian. Ternyata membuat Blog atau Web yang bisa menghasilkan itu, ya tidak semudah yang dibayangkan. Meski juga, tidaklah sesusah yang disangkakan. Yang jelas. Banyak para pencinta atau pembuat Blog yang masih ngumpetin Blog atau Webnya, mereka belum mau memperkenalkannya kepada orang lain, termasuk kepada temannya sendiri. Begitu juga dengan usaha bisnisnya, mereka masih ragu, membuat produk sendiri atau menjualkan produk kawan.

Tetapi secara perlahan lalu melakukan penjualan produk kawan secara affliasi. Lalu mereka pajangkan di web atau blognya. Niatnya juga sederhana, kalau laku ya sukur, tetapi kalau tidak ya apa-apa. Yang penting Aksi dahulu.
Begitulah, blog atau webnya belum juga didaftarkan, tetapi secara perlahan melakukan sosialisasi perihal keberadaan blog atau webnya. Idealnya memang harus ada mentornya, kalau ada mentor, ya pasti akan lebih mulus jalannya, atau mau bertanya kepada siapa saja, agar tidak terjerumus pada jalan yang salah.

Sayangnya tak semua Blog atau Web mempunyai nasib yang baik, dan ternyata di luar sana ada ribuan blog dan web yang teronggok tidak ternilai banyaknya.Hal seperti ini, tentu akan disikapi macam-macam, bagi sebagian lalu mereka jadi patah semangat, tetapi yang lainnya masih terus berjuang, meski tanda-tanda untuk muncul di jalan yang benar belum juga muncul. Sementara sebagian lagi, memilih kegiatan lain atau melupakan impiannya di dunia maya.

Ada beberapa hal yang perlu jadi bahan pertimbangan untuk melihat karya di Blog atau Web. Bisa jadi memang semangat Blog atau Webnya belum jelas. Kalau ini yang terjadi maka harus dengan cepat-cepat sadar, jangan tersesat di jalan yang salah. Anda harus punya tujuan yang jelas, mau usaha atau sekedar hobi, apakah keduanya, yang penting harus jelas.
Kenapa belum mau terang-terangan memproklamirkan Blog atau Web anda, lakukanlah tidak persoalan seperti apa Blog atau Web anda tersebut. Daftarkan Blog anda ke Situs-situs perkawanan. Cari teman di sana. Mulailah ikutan kumpul-kumpul di Dunia Blogger.Kalau perlu ikut tukar Link, ya anggaplah seperti saling kunjung ke rumah kawan. Sekali sekala, anda ke rumahnya, lain kali dia yang ke rumah anda. Begitu seterusnya.

Kemudian mulailah perbaiki penampilan Blog anda, yang penting enak dilihat dan nyaman dibaca. Memang susah untuk memuaskan selera orang banyak, tetapi yang penting ada perbaikanlah. Sukur kalau perbaikannya mencerminkan selera. Sebab jangan lupa, soal selera pasti tidak aka nada ujungnya. Membuat sesuatu jadi lebih baik, dan mengangeni, pastilah di senangi juga oleh orang banyak.

Ibarat pasar, bisa jadi bukan blog anda yang jelek, tetapi harapan pasar yang terlampau tinggi. Blog anda sebenarnya mungkin sudah bagus. Namun pasar menginginkan lebih dari sekedar itu. Pasar menaruh harapan yang terlampau tinggi terhadap blog anda tersebut sehingga ketika harapan pasar tak mampu dipenuhi, pasar menjadi kecewa. Blog anda jadi sia-sia.
Kurang ide dan biaya. Apakah memerlukan biaya?. Ya iyalah.Mungkin bisa karena ide pengembangan yang kurang atau biaya pengembangan jaringan Blog yang terlampau mahal. Dalam merambah dunia maya, blog dan sejenisnya, tanpa kesiapan kedua hal tadi bisa memperpendek semangat untuk menggelutinya. Kecuali selera blog anda memang beda. Ibarat jualan Rujak. Meski anda jualnya di emperan hotel. Tetapi karena enak, ya past dicari banyak orang. Lha kalau rasanya hanya biasa-biasa saja. Ya inilah hal yang susah.
Jangan lupa persaingan di luar sana juga bisa terlampau keras. Apalagi masuk ke ceruk pasar yang sudah begitu padat, yang diisi para jejaring blog pebisnis internet besar. Nah kalau ini tanpa dibarengi kesiapan yang cukup, bisa membuat semangat anda mengerut , blog anda sulit berkembang. Untuk itu teruslah membaca dan bertukar pikiran dengan kawan maupun lawan.
Hal lain yang perlu disikapi adalah perubahan, terutama perubahan teknologi dan selera pasar. Blog dan dunia maya berhubungan dengan teknologi yang berkembang cepat, anda harus awas dan memperhatikannya. Bila tidak, blog anda akan cepat kadaluarsa.

Hal-hal seperti itulah yang jadi bahan pertimbangan, hal tersebut hanya sekedar catatan kecil saya terhadap penyebab Blog atau Web anda belum bisa diterima pasar. Sama sekali bukan bermaksud untuk membuat anda berpikir ulang atau menghentikan langkah anda untuk maju. Tetap lanjutkan langkah anda dan bukan hanya dunia Blog tetapi mulailah rintis bisnis internet anda dari sekarang. Roma dibangun bukan dalam satu malam.

No comments: