July 15, 2009

Hindari Kebiasan- Kebiasaan Buruk Pebisnis di Internet

Oleh Harmen Batubara.
Mau Berhasil berbisnis di Internet? dan terlebih lagi mereka yang ingin menjadi pebisnis internet sukses? Jawabannya sudah pasti, menjawab mau. Tapi masalahnya, kadang kita lupa segalanya, ya jadwal,ya startegi, ya konsolidasi. Terlebih lagi untuk meluangkan waktu berolah raga. Anda bisa bayangkan, kalau anda berada di muka monitor selama 16 jam sehari, dan delapan(?) hari dalam satu minggu. Semanga bagai kesetanan, tetapi ada beberapa alasan agar anda melakukan beberapa hal yang perlu jadi bahan pertimbangan. Semangat sih boleh terus menyala. Apalagi anda juga senang berbisnis-Online. Tentu akan semakin nyala lagi.
Nah ada baiknya anda perlu memikirkan beberapa hal, sebelum segalanya sudah semakin jauh. Pertama yang paling mendasar, bukan hanya pada kesenangannya, tetapi pada cara kerja nya, jangan asal kerja. Cerdas dikitlah. Maksudnya, anda perlu tetap mempertajam insting bisnis anda, juga perlu juga meningkatkan kemampuan teknik anda, dan juga pengetahuan umum dan lingkungan bisnis anda. Karena itu, pada intinya, jangan melakukan sesuatu hanya karena kesenangan saja. Anda harus melihat dari sisi profitnya. Kebetulan saya dikirimi oleh pak Joko Susilo.com, tentang beberapa kebiasaan buruk para pebisnis On-line yang perlu dihindari.

Nah, inilah beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk pebisnis internet yang semestinya harus dihentikan, ya kalau bisa dari sekarang. Bukan cuma yang berhubungan soal internet saja, tapi juga kesehatan.
Pertama, Jangan terlalu asyik browsing. Internet memang gudangnya informasi. Dan ini bisa menyebabkan anda ketagihan. Seolah-olah semua informasi di internet penting untuk anda. Anda hilir mudik kesana kemari mengumpulkan berbagai informasi dan yakin kalau itu semua berharga bagi anda. Tidak! Anda tidak membutuhkan semua informasi yang ada di dunia ini. Yang anda butuhkan hanya yang benar-benar bermanfaat untuk anda. Cukup pilih beberapa situs web, blog, atau portal yang memang menurut anda memberi banyak manfaat. Kalau memang tidak sesuai ya cepat-cepat tinggalkan.
Kedua, Jangan Menunda. Anda harus sadar menunda sesuatu itu tidak baik. Karena itu jangan suka menunda sesuatu. Biasanya ini ada kaitannya dengan poin di atas. Misal anda punya sejumlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan, tapi karena asyik browsing ke sana kemari, anda jadi lupa untuk mengerjakannya. Dan baru tersadar beberapa jam berikutnya ketika sudah banyak waktu terbuang. Maka waspadalah! Jangan sampai kehilangan tujuan utama anda dalam berbisnis internet.
Ketiga, tidak memiliki prioritas. Ini masih terkait dengan poin di atas. Tidak memiliki prioritas berarti anda tak tahu mana yang harus didahulukan, dan apa yang bisa dilakukan belakangan. Apa yang terpenting bagi anda? Tanyakan itu pada diri anda dan buat prioritas mana yang harus anda lakukan terlebih dulu. Kalau anda tidak memiliki prioritas, itu berarti anda memang tidak mempunyai rencana yang kongkrit, segalanya tampak sama urgen dan pentingnya bagi anda. Sehingga, begitu sadar anda lalu terkaget-kaget. Maka tentukan apa prioritas Anda. Hal seperti itu adalah sesuatu yang paling penting. Dan begitu anda tahu, maka segeralah laksanakan sesuai dengan jadwalnya....
Keempat, Lakukan Olah Raga. Kalau yang ini biasanya karena jadwal yang ditetapkan begitu padat atau targetnya terlampau tinggi. Sehingga ketika berada di depan monitor komputer yang dipikirkan hanya serangkaian tugas dan target itu. Sehingga anda tidak lagi memikirkan kesehatan anda. Ya kesehatan fisik, ya kesehatan mata. Menjadi terlalu serius di depan komputer tak baik. Karena akan membuat jadi jarang senyum dan bisa memicu stres. Saya harap ini tidak terjadi pada anda. Kalau anda sudah terlanjur terjangkit, cara mengatasinya ya dengan melakukan olah raga. Aturlah waktu agar anda bisa mempunyai waktu untuk olah raga, tidak perlu yang muluk-muluk. Mungkin hanya sekedar Jogging, jalan kaki sepanjang lima kilometer perhari. Kalau anda sudah terbiasa berolah raga, ya lanjutkan saja. Bisa main golf, bisa tennis atau Badminton. Yang penting lakukan sesuatu untuk berolah raga. Badan dan jiwa nada akan terjaga secara seimbang.
Kelima. Jangan terlalu sering mengecek email. Ada lagi yang kadang dalam beberapa menit selalu me-refresh kotak inbox emailnya. Perlukah? Menurut saya tidak. Tidak perlu sesering itu mengecek email. Sebab saya yakin ada hal yang jauh lebih penting yang harus anda lakukan. Misalnya, menyiapkan sistem bisnis internet anda atau mulai menjalankan kegiatan promosi agresif anda. Perhatikan cara-cara orang lain dalam pemasarannya. Maka tidak salahnya untuk melakukan hal yang sama mesti dengan sentuhan yang berbeda.
Keenam, Jangan kebanyakan minum kopi. Pebisnis internet yang suka begadang biasanya gemar mengatasi rasa ngantuknya dengan minum kopi berkali-kali. Hati-hatilah! Kopi bisa membuat anda ketagihan dan mesti jeleknya tidak seperti merokok, tetapi kopi justeru kadang lebih parah daripada merokok. Padahal biasanya orang suka kopi itu, justeru senang merokok. Katanya sih untuk menetralisir kopi. Padahal justeru menambah kafein dan nicotin secara bersamaan. Hati-hatilah, jangan sampai over dosis. Menurut pakar kesehatan, jumlah kafien yang boleh dikonsumsi setiap hari tidak lebih dari 300 miligram atau setara dengan dua cangkir kopi. Jadi batasi konsumsi kopi anda.

Tentu hal-hal seperti itu, tidak ada jeleknya anda perhatikan. Sebab nilai kesehatan itu sangat mahal. Dan anda baru tahu betapa nikmatnya orang sehat itu ketika anda sedang sakit. Karena itu buatlah hidup anda teratur, terorganisir dengan baik. Tanpa itu anda akan hanya menemukan berbagai hasil yang sia-sia. Apalagi kalau anda sampai sakit. Pastilah semua keluarga anda juga akan susah dibuatnya.

No comments: