July 08, 2009

Jadikan Blog Iklan Yang Bersahabat

Jadikan Blog Iklan Yang Bersahabat
Oleh : Harmen Batubara.

Potensi Blog sebagai media iklan tidak diragukan lagi, sebab memang blog adalah sarana untuk bertukar informasi, jadi kalau dalam pertukaran informasi itu ada pesan sponsornya, ya sah-sah saja, asal dikemas dengan baik dan santun. Bagi yang hobbi membuat Site atau blog adalah sesuatu yang mengasikkan, sehingga sering waktu tidak jadi diperhitungkan. Padahal dalam tangan seorang marketing yang piawai, site atau blog dapat mendatangkan penghasilan dengan baik. Tentu saja lewat kolaborasi dengan GoogleAdsens atau membuat site atau blog anda sebagai media pemasaran produk anda secara soft, maksudnya secara tidak terang-terangan. Karena itu bukan mustahil blog yang anda buat bisa menghasilkan uang tanpa henti. Yang penting tahu caranya, blog bisa menjadi mesin uang yang membuat anda makmur dan sejahtera.
Gimana Caranya ?

Memang sih blog yang dibuat itu mestilah tentang sesuatu yang spesifik, jangan blog yang personal atau malah sekalian suatu blog marketing. Yang memang secara jelas memasarkan sesuatu. Jenis blog ini berbeda dengan blog personal. Kalau blog personal lebih menonjolkan tentang diri si pembuatnya atau pengalaman-pengalaman anda, tetapi blog marketing memang secara jelas bertujuan untuk memasarkan suatu produk.

Kemudian ?

Blog itu harus mampu mendatangkan para pengunjung yang banyak. Memang sih hal seperti itu, tetap saja jadi ganjalan. Membuat suatu blog yang ramai dikunjugin itu, tentulah bukan perkara mudah. Salah satunya, ya Blog itu memang harus baik, spesifik dan oke. Blog yang mampu mendatangkan pengunjung pastilah ada sesuatu yang menarik disana. Bisa ditebak.Tentu saja yang pertama adalah yang paling oke tentang informasinya. Kemudian oke juga dengan aksesorinya. Ibarat mobil, kalau dimodifikasi, dan apalagi modifikasinya oke. Pastilah dapat mendatangkan rasa kekaguman. Dan rasa kagum seperti itu, pasti mengalir dari mulut ke mulut. Itu artinya, blog itu atau mobil itu memang boleh modifikasinya.

Kalau sebuah blog ditata dengan baik, aksesorinya disesuaikan dengan conten, pastilah pengunjung betah. Karena itu, tampilan visual blog harus dapat dioptimalkan, sebab hal itu memegang peran penting untuk “mencuri” perhatian pengunjung. Cari warna backround yang atraktif. Serta lengkapi dengan foto atau gambar. Tapi satu hal harus diperhatikan. Jangan sampai dandanannya jadi beban. Jangan sampai tampilan visual yang bagus dan indah itu kemudian membuat akses blog anda menjadi lamban, lelet tidak karuan. Ingat seorang persilancar paling mau member toleransi sepuluh detik. Sepuluh detik blog anda masih lelet. Pasti blog anda ditinggal.

Kata Pak Joko. Buat pengunjung tahu kalau blog anda ada. Caranya apa lagi kalau bukan dengan koar-koar atau promosi kepada seluruh penduduk dunia maya. Mempromosikan blog anda tidak sulit kok. Coba letakkan link blog anda di situs web, blog, dan ezine. Memberi komentar di blog atau situs web lain juga bisa. Sebaiknya lagi, tempat anda berpromosi itu memiliki isi (content) yang sama dengan milik anda. Jadi misalkan, blog anda menjual makanan ternak, cari situs web atau blog yang serupa.

Kemudian jangan lupa, berilah tip. Blog apapun itu, apalagi blog marketing yang sukses, pada umumnya selalu menyajikan sesuatu hal yang bermanfaat buat pembacanya. Tips merupakan salah satu jenis yang banyak dipilih. Kenapa? Karena pada dasarnya pengunjung butuh panduan agar bisa membuat blog seperti anda. Mereka butuh tuntunan agar bisa mengikuti jejak sukses anda. Selain itu, buatlah tulisan yang mudah dipahami oleh pengunjung. Serta tahapan-tahapan yang jelas, yang membuat mereka mudah mempraktekkannya. Makin lengkap anda menjelaskannya, makin baik bagi mereka.

Misalnya ini kalau anda mau membuat tanda tangan basah. Seperti yang ditampilan ini, maka caranya juga sangat mudah. Pertama Kliklah gambar Tanda tangan tersebut. Anda akan dibawa ke site aslinya. Dan kemudian caranya tinggal ikuti saja. Cobalah.

No comments: