April 28, 2010

Tips Membangun Situs Affiliasi yang Menyenangkan

Sebuah petunjuk praktis yang perlu diperhatikan:  Dalam bisnis on-line kepercayaan adalah kuncinya. Dengan adanya kepercayaan, orang tidak membeli  produk dari sebuah situs afiliasi, tetapi mereka membelinya justeru dari anda! Jika anda menciptakan suatu layanan bisnis yang  baik  dan menjadi teman bagi sesama, maka percayalah anda akan bisa berhasil dalam bisnis affiliasi. Kalau mereka sudah mempercayai anda, dan tahu betul integritas anda, maka percayalah mereka akan membeli sesuatu dari anda. Bukan dari yang lain.

Tidak semua orang melakukan hal ini, tetapi saran saya adalah jika anda sedang memikirkan tentang program mana yang akan anda inginkan, dan dengan program mana yang anda pilih  untuk bergabung , atau  produk mana yang akan anda pilih untuk anda ikut promosikan  adalah sesuatu hal yang perlu anda pertimbangkan sebelumnya.

Untuk mengetahui segi kualitasnya, memang sebaiknya anda beli dahulu produk dimaksud, dan kemudian uji cobakan, dan kemudian lakukan penilaian. Kalau produk tersebut memang bagus, maka akan lebih mudah lagi bagi anda untuk meyakinkan pembeli untuk membeli produk tersebut. Dengan cara demikian, anda dapat benar-benar mengatakan kepada mereka tentang kualitas produk dari tangan pertama. Dan anda tidak membohongi mereka, sebab anda sendiri tahu kualitas produknya.

Jadi salah satu hal yang selalu anda pertimbangkan, adalah kualitas layanan informasi, layanan adfokasi yang anda lakukan. Pada dasarnya anda berada pada dua sisi yang sama. Di satu sisi, anda adalah bagian dari si pemilik produk, karena anda memang menjualkan produk mereka. Dan kalau produk itu laku, maka anda akan memperoleh komisi. Jadi wajar kalau anda memuji-muji produk tersebut.
Tetapi di sisi lain, anda juga adalah tempat menanya keabsahan suatu produk bagi banyak pengunjung site anda. Jadi dalam hal ini anda juga harus mempertimbangkan kepercayaan yang mereka berikan kepada anda. Jadi anda harus mengatakannya secara benar, jujur dan bisa dipercaya. Sekali anda cacat, maka kepercayaan pelanggan site anda, akan hilang begitu saja.


Orang-orang tidak membeli dari sebuah situs afiliasi, tetapi real, mereka membelinya dari anda!
Sekarang barulah anda tahu bahwa bisnis anda dibangun dari kepercayaan, maka marilah kita membicarakan tentang bagaimana caranya membangun kepercayaan tersebut  yang bermula hanya sekedar sebagai  tamu di stus anda dan bagaimana membuat mereka dari hanya sekedar teman menjadi kastamer anda. Lalu dimana sebenarnya rahasianya, maka dari itu rahasia yang sebenarnya adalah…

Membangun Jaringan
Pada intinya sebenarnya, adalah bagaimana anda membuat suatu situs affiliasi yang bisa memngundang pengunjung yang banyak. Mereka datang ke situs anda, karena konten atau postingan anda memang baik, informasinya diperlukan oleh banyak orang, dan anda bahkan membuka cara pandang mereka tentang dunia bisnis affiliasi dengan cara on-line. Bahkan dalam menggalang pertemanan tersebut, anda juga menyediakan beberapa informasi bermanfaat yang anda bagikan secara gratis kepada mereka, hanya dengan sekedar mencantumkan nama dan e-mail mereka.
Padahal adanya daftar nama berikut emailnya, pada hakekatnya adalah sebuah daftar yang tidak ternilai harganya. Terlebih lagi, lewat e-mail tersebut, anda telah lakukan komunikasi sambung rasa, yang sangat menghidupkan suasana pertemenan dalam jaringan anda. Nah kalau jaringan ini anda manfaatkan untuk menawarkan produk yang bagus, tentu mereka akan tertarik, dan anda akan jadi seorang affiliasi yang berhasil.

Untuk menambah jaringan anda juga bisa memanfaatkan sarana Facebook, Twitter, Frendster, flukr, buzz dll. Artinya kalau anda membangun pertemanan lewat jaringan tersebut, tentu saja hal pertama yang anda dapatkan adalah banyaknya teman –teman baru anda, dan kalau hal itu jadi suatu komunitas yang juga ikut dan bergabung dengan situs anda, maka percayalah, anda akan mempunyai begitu banyak sahabat; dan lebih luar biasa lagi, kalau anda mampu menjadikan mereka percaya pada anda, maka lengkaplah sudah. Anda akan jadi teman mereka, dan malah mempercayai anda sebagai ahli pada bidangnya. Dalam kondisi seperti ini, maka berjualan, adalah sesuatu yang menggembirakan dan yakinlah, uang dan keuntungan akan terus bersama anda.





No comments: