August 23, 2009

Tips Buat Desain Web Bisnis

Oleh: Harmen Batubara

Akhirnya setiap pemilik usaha kecil menyadari bahwa mereka akan memerlukan situs web untuk bisnis mereka, tetapi diperhitungkan secara teliti, dimana kalau diturutkan sesuai tuntutan maka akan banyak hal yang bakal berubah menjadi tantangan. Hanya dengan memahami secara teknis dan semua opsi yang ada, akan dapat membingungkan, tetapi dengan persiapan yang tepat, Anda dapat memiliki kesan yang lebih positif dan mudah untuk membuat dan memelihara situs web untuk bisnis kecil anda sesuai dengan waktu yang tersedia.

Kompetisi yang menata

Hal pertama yang muncul sesaat memulai proyek pada situs anda adalah untuk melihat beberapa situs-situs sejenis yang berperan sebagai pesaing dalam bisnis atau industry yang anda tekuni. Anda akan tahu apa saja yang perlu dan ingin anda bandingkan antara kelebihan anda dengan para peasaing anda kepada calon pelanggan anda. Anda juga ingin mengetahui apa yang menjadi standar, apakah dalam hal jumlah halaman (page), jenis informasi dan tampilan umum atau nuansa. Jika misalnya, pesaing Anda memiliki situs yang besar dan banyak fitur interaktif maka anda ingin membangun situs anda yang bisa mengimbanginya. Namun jika Anda memiliki kompetitor kecil dan sederhana, maka Anda tahu bahwa Anda tidak perlu mempunyai site yang lebih canggih serta penuh asesori.

Informasi Yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum bertemu dengan web designer, anda perlu mengumpulkan beberapa contoh website pesaing yang Anda inginkan. Daftar apa yang Anda suka dan tidak suka tentang situs tersebut. Jika Anda mempunyai pamphlet atau brosur untuk bisnis Anda, ada pula yang dipersiapkan untuk anda sendiri sebagai perancang juga. Memilih warna atau mempunyai beberapa ide dari beberapa skema warna yang anda inginkan. Dan jika Anda pernah memenangkan suatu penghargaan sebagai symbol kemampuan Profesional, dan anda piker hal itu perlu diperlihatkan kepada halayak, maka sudah pasti anda ingin agar gambar Trophy tersebut bisa dipajang pada lokasi yang tepat di situs anda. Karena siap tahu dengan melihat symbol penghargaan itu saja, para pengunjung anda sudah bisa meyakini kehebatan kemampuan profesi anda. Hal yang seperti itu, memang tepat untuk sebuah web site....

Apakah Anda Perlu Content Management System?

Salah satu keputusan penting yang harus Anda ambil tentang website Anda adalah apakah Anda akan memerlukan sistem manajemen konten. Sistem manajemen konten biasanya digunakan pada situs yang lebih besar, untuk mengendalikan teks, video, gambar dll sistem manajemen konten yang memungkinkan Anda untuk dapat dengan mudah mengubah dan memperbarui informasi di situs Anda. Hal ini berguna untuk sebuah situs web di mana, misalnya foto dan portal staf sering ditambahkan atau lokasi dari newsletter arsip dikelola.

Mengantisipasi jika Anda membuat banyak perubahan di situs Web, sebuah sistem manajemen dapat menghemat waktu dan uang. Dengan sistem manajemen konten, pemilik situs dapat membuat perubahan yang diperlukan, tanpa harus menunggu web designer atau webmaster melakukan perubahan untuk untuk anda. Ini memerlukan fitur yang tepat, dan hal itu sangat penting karena memungkinkan Anda untuk menyimpan atau merubah situs web Anda. Dengan demikian anda dapat setiap saat melakukan presentasi yang lebih baik untuk pelanggan Anda. Anda dapat menghemat uang karena Anda tidak perlu membayar desainer web Anda untuk melakukan update atau hal-hal rutin yang perlu untuk situs anda.

Biasanya, sebuah situs web yang lebih dari 15 halaman, adalah situs yang lebih baik untuk memiliki sistem manajemen konten. Semakin banyak informasi yang Anda miliki di website Anda, makin besar kemungkinan Anda untuk perlu menyimpan informasi yang diperbarui. Jika situs Web Anda kurang dari 15 halaman, Anda mungkin tidak akan membutuhkan sebuah sistem manajemen konten.

Wordpress Untuk Usaha Kecil dan Menengah

Wordpress sangat populer sebagai sebuah sistem manajemen untuk usaha kecil karena beberapa alasan. Satu ia yang relatif mudah digunakan. Anda tidak perlu pandai dalam HTML atau bahasa pemrograman lain untuk menangani Wordpress. Terdapat juga banyak video pelatihan dan bahan-bahan yang tersedia di Internet dan juga sejumlah plug-in sehingga Anda dapat menyesuaikan perangkat lunak untuk kebutuhan anda. Wordpress juga berguna bagi blog yang dapat membantu untuk menjaga website Anda selalu ter up-to-date informasinya. Jika Anda ingin tampil lebih tinggi di hasil pencarian, maka Wordpress merupakan pilihan yang baik untuk hal tersebut. Google menyatakan bahwa Wordpress merupakan salah satu sistem termudah untuk di jelajah/ ditelusuri sehingga dapat membantu Anda agar memperoleh nilai lebih tinggi dalam hasil mesin pencari.

Bila Anda berencana untuk memulai usaha kecildengan memanfaatkan situs web, mulailah dengan memeriksa website pesaing di bidang bisnis yang anda pilih. Hal ini akan memberikan ide yang kira-kira berapa halaman yang perlu anda persiapkan serta jenis fitur yang akan anda pergunakan di situs Anda. Tujuannya sederhana saja, anda akan memiliki website yang lebih baik dari site milik pesaing.

Dengan perencanaan ke depan dan mengetahui apa dan siapa pelanggan potensial Anda, dan membandingkannya dengan milik pesaing anda, maka sebenarnya anda sudah bisa membaca apakah anda bisa lebih baik atau, sebaliknya lebih jelek dari pesaing anda. Tetapi kalau anda cukup realistis, setidaknya anda dapat menempatkan posisi anda pada jalur bisnis yang telah anda pilih. Hal seperti itu, jauh lebih baik, daripada tidak direncanakan sama sekali.

No comments: