July 18, 2010

Ingin Sukses Dalam Bisnis Affiliasi

Menurut Pak Joko, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan akalau anda ingin sukses dalam bisnis affiliasi; khususnya pada bagaimana cara sukses bermain affiliate program dan program reseller. Namun katanya pula, sebelum di  sampaikan bagaimana caranya agar anda sukses menjalankan affiliate program atau program reseller di bisnis internet, perlu ada penekanan khusus pada satu hal.

Anda yang sudah cukup lama menjalani bisnis internet, pasti tahu ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Bahkan banyak cara yang bisa dibuat secara otomatis. Dan sangat di tekankan atau perlu anda perhatikan bahwa ; terlebih ketika di awal mulai bisnis internet, agar tidak menjalankan semua model bisnis yang ada di internet. Kenapa?

Sederhana saja karena anda dituntut memiliki FOKUS agar berhasil di bisnis internet. Melakukan banyak hal sekaligus mudah membuat fokus anda pecah. Sebagai contoh, misalkan anda berniat bermain di Adsense, bermain di produk informasi, flipping site, domain parking, menjadi affiliate, menyediakan jasa, dan sebagainya. Semua itu memang sah-sah saja, dan bisa dilakukan sama baiknya, tetapi kalau anda ragu akan tenaga dan kemampuan manjerial anda maka perlu diperhatikan agar anda fokus pada sesuatu hal saja.

Sekali lagi, di awal berbisnis internet, sama dengan para affiliate lainnya, pak Joko juga sangat tidak menyarankan  anda melakukan semua itu. Cukup pilih satu saja dan fokuslah di sana.
Mengapa fokus itu begitu penting, sebab di masing-masing jenis bisnis internet tersebut, ada banyak kegiatan yang harus anda lakukan. Kalau anda melakukannya setengah-setengah, berani jamin kalau hasil yang anda terima pasti tidak akan maksimal.

Khusus untuk affiliate program atau program reseller sendiri, ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk menjadi seorang affiliate marketer yang berhasil.

1.   Melakukan presell/review produk informasi yang anda promosikan. Contoh seperti yang dilakukan Mas Syaiful Bahri dengan blog bonus formula bisnis. Contoh lainnya seperti yang ada di posting menjadikan blog sebagai landing page.

2.   Promosi dengan iklan berbayar

3.   Promosi dengan iklan gratis

4.   Melakukan follow up baik lewat telpon, SMS, maupun email
5.   Mengoptimalkan promosi lewat blog sendiri

6.   Rutin menerbitkan konten baru di blog untuk promosi afiliasi

7.   Menyediakan ebook gratis yang berisi URL afiliasi anda

8.   dan banyak lagi lainnya

Coba lihat! Kalau anda fokus untuk di affiliate program saja, minimal ada 7 hal yang perlu anda lakukan secara rutin ataupun berkala. Dan sekali lagi ingat itu baru dari affiliate program saja. Bayangkan kalau anda mencoba terjun di banyak jenis bisnis internet, dan melakukannya seorang diri, saya jamin anda akan gila sendiri di depan komputer.

Karena itu, saya sangat tekankan bagi yang baru mulai bisnis internet cukup pilih satu model bisnis internet dan ACTION-kan! Kalau anda pilih menjadi affiliate atau reseller di awal bisnis internet, tekuni sampai berhasil.
Mungkin kemudian anda tanya, sampai berapa lama saya harus menekuni satu model bisnis internet ini? Dan kalau saya menekuni sebagai reseller, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi reseller yang sukses?

§  Setelah anda pilih satu model bisnis internet, misalkan saja anda menetapkan diri mengawali dari menjadi reseller, tekuni itu sampai 3 bulan pertama. Lalu  lihat bagaimana hasilnya. Saya tekankan jangan sampai dalam 3 bulan itu anda pindah haluan karena mungkin tergoda dengan model bisnis lain. Cukup tekuni program reseller. Tiap harinya anda pikirkan bagaimana caranya agar produk yang anda pasarkan bisa laris dan penjualannya terus meningkat.

§  Selalu tes, ukur, dan benahi. Dalam setiap kegiatan reseller yang anda lakukan, selalu tes, ukur hasilnya, dan coba tingkatkan.

§  Setiap hasil yang anda terima dari bisnis internet ini, saran saya jangan semuanya dihabiskan untuk senang-senang. Tapi investasikan sekitar 30-40 persen dari keuntungan anda untuk memperbesar bisnis anda sehingga bisa terus membesar. Kalau untuk program reseller misalnya anda bisa investasikan untuk hasil yang anda dapatkan untuk belanja iklan berbayar.

§  Ketika anda sudah menemukan formula suksesnya, ulangi dan terapkan lagi di berbagai bisnis internet anda selanjutnya.
Bisnis internet model affiliate program atau program reseller seperti bisnis lain, tetap membutuhkan komitmen menjalankannya. Untuk itu anda anda perlu fokus, berkomitmen, mau selalu belajar, dan ACTION. Agar tidak menjadi golonganpebisnis internet pemula yang cepat menyerah sebelum mendapatkan hasil.


No comments: