September 10, 2009

Promosi Blog Sebenarnya Gampang

Oleh Harmen Batubara
Dapat dikatakan dengan pasti bahwa menciptakan sebuah blog dan meluncurkannya cukup mudah, dibandingkan dengan mempromosikan itu. Kalau menurut mereka sih, mempromosikan blog itu gampang. Anda dapat mengikuti beberapa teknik untuk mempopulerkan blog Anda dengan membaca tulisan ini. Kuncinya adalah anda harus yakin dan tetap berada di sana secara konsisten dan kemudian Anda pasti akan bisa melihat hasil nya secara meyakinkan dalam bentuk peningkatan lalu lintas pengunjung ke Blog anda.

Hal pertama yang Anda harus pahami sebagai pemilik blog adalah bahwa membangun jalan besar lalu lintas ke blog Anda adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu. Biasanya memerlukan waktu beberapa bulan. Untuk membuat mesin pencari terbiasa dan ramah ke blog anda, intinya adalah membuat konten berkualitas. Komitmen itu harus menjadi tujuan utama. Pada kenyataannya kedua titik ini harus selalu diingat selama fase membangun blog itu sendiri. Apabila blog Anda mulai ditelusuri oleh mesin pencari, maka ia akan secara otomatis menempatkan posisi anda pada bagian atas, hasil pencarian yang seperti ini pada gilirannya akan menarik lalu lintas ke blog Anda. Bila konten blog baik maka promosi dari mulut ke mulut akan ikutan men iklankan dan mempromosikan blog anda secara otomatis. Sebenarnya ada banyak sumber lalu lintas yang dapat dimanfaatkan untuk ikut mengangkat popularitas blog anda. Beberapa sumber memiliki kemampuan untuk menghasilkan sejumlah besar kunjungan, sementara yang lain secara signifikan rendah. Hasil mesin pencarian yang baik atau cukup tinggi secara langsung akan memberikan tingkat lalu lintas yang lebih ramai. Jaringan sosial kadang juga sangat baik, tetapi itu sangat tergantung dan lihat jaringannya. Pengarahan Blogger ke pada blogger lain juga dapat menghasilkan lalu lintas yang baik. Anda harus tetap fokus untuk mengenali apa sebenarnya atau sisi mana sebenarnya yang telah bekerja keras untuk mempromosikan blog Anda dan mencoba untuk bekerja sunguh-sungguh mengoptimalkan teknik promosi itu untuk blog Anda. Anda harus tahu kekuatan dan kelemahan blog anda.

Sebuah blog yang memiliki posting baru setiap hari atau beberapa kali dalam satu hari pasti akan membuat gambaran atau suasana yang aktif; hal itu menandakan ada orang atau beberapa orang yang mengerjakannya dengan tekun. Setiap terbitan baru secara langsung akan membawa kembali pengunjung, mereka datang lagi untuk mengetahui informasi terbaru atau berita lebih lanjut. Para pemilik Blog juga berupaya untuk menambahkan halaman “page” ke dalam indeks dan hal ini akan menjadi kesukaan mesin pencari. Komentar yang ramai untuk postingan sebenarnya juga... menandakan adanya sesuatu yang bermakna bagi mereka di sana, kesan yang muncul adalah, ternyata tidak hanya sekedar banyak orang yang mengikuti postingan Anda, tetapi mereka menemukan postingan tersebut ternyata cukup berguna bagi mereka , dan hal seperti itu sangat berperan dalam memompa kian banyaknya jumlah komentar dari mereka. Anda harus ingat aturan abadi ini, kunjungan berulang adalah kunci keberhasilan bagi keberlanjutan blog. Bila pengunjung datang kembali itu berarti mereka tertarik dan sebagai ucapan terimkasihnya mereka meninggalkan atau menuliskan komentarnya di sana. Meraka menjadi pelanggan Anda, menyebarkan berita blog Anda ke teman-teman mereka dan seterusnya, dan sebagainya. Jadi pengunjung berulang adalah setara dengan membangun jaringan terpercaya dalam skala besar.

Membangun Link adalah teknik lain yang perlu anda perhatikan dan sekaligus memprioritaskannya. Mereka mendapatkan lalu lintas dari blog lain plus juga meningkatkan peringkat mesin pencari. Jika Anda bisa mendapatkan inbound link dari blog yang sudah memiliki mengikutinya maka hal itu akan meningkatkan kredibilitas blog Anda secara otomatis. Faktor penting lainnya adalah, mungkin ada baiknya anda untuk mempertimbangkan penyebaran link anda ke sumber yang berbeda, targetnya agar blog anda mempunyai pengunjung yang datang dari sumber yang berbeda, tidak hanya satu sumber saja. Sebab itu bisa berisiko. Jika beberapa hal terjadi pada aliran dari sumber itu maka blog Anda akan tertinggal. Sedangkan bila Anda memiliki lebih dari satu sumber, maka sudah barang tentu akan dapat mempertahankan lalu lintas yang ajeg, dan hal seperti itu akan lebih baik. Membentuk jaringan dengan rekan-rekan blogger adalah sesuatu yang baik, cara seperti ini dapat diandalkna dalam hal membangun dan meramaikan lalu lintas, karena semakin luas jaringannya maka semakin luas pula eksposnya.

berkunjung ke http://harmenandbisnis.blogspot.com

1 comment:

harmen said...

Para pengunjung yang budiman, kalau anda lihat isinya bermanfaat, silahkan copy dan tinggalkan pesan, dan juga sebaliknya, kalau ada yang kurang tolong berikan saran,terimakasih.