December 03, 2009

Tip Wajib Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Website

Seperti yang kita ketahui,website merupakan sarana promosi yang sangat ampuh pada jaman sekarang ini.Tiap hari jumlah blog dan web khusus nya di indonesia semakin bertambah,dan persaingan pun semakin ketat.
Diantara banyaknya web dan blog yang bermunculan,tidak sedikit diantara mereka yang “tumbang”,karena mereka tidak mempunyai perencanaan yang matang terhadap web dan produk yang mereka tawarkan.
Tidak bisa dipungkiri,tampilan website yang menarik merupakan salah satu faktor yang mampu meningkatkan penjualan anda di internet.Nah sekarang saya ingin memberitahukan beberapa tips penting mengenai desain website anda agar terlihat menarik,sehingga mampu meningkatkan rasio penjualan anda.

Pertama. Anda harus tau apa tujuan dari website yang anda buat. Tentunya jika anda membuat sebuah website bisnis,anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting :

- siapa target market anda
- bagaimana desain website yang diminati pasar
- apa yang ingin anda sampaikan melalui website anda dari pertanyaan-pertanyaan diatas,anda tentunya harus melakukan survey terlebih dahulu sebelum menemukan jawaban nya.Semua ini penting,karena ini termasuk dalam strategi pemasaran yang wajib anda pikirkan.

Kedua. Setting theme dan layout.Anda harus bisa membedakan antara web penjualan,web informasi,blog bisnis,blog pribadi,web portal,dsb. Tentunya tiap kriteria mempunyai desain yang berbeda. Sebagai contoh web tentang hosting,anda ingin membukan usaha hosting,tapi desain web anda menggunakan gaya minisite , tentunya akan ga nyambung nantinya.

Ketiga. Web page desain. Anda perhatikan juga desain web anda,anda perhatikan mengenai header,footer,dan main page nya.Gunakan “sense of art” anda dalam mendesain.Karena jika desain anda terlihat profesional,itu akan sangat mendongkrak popularitas website dan produk anda. Ingatlah: “kesan pertama itu sangatlah penting”
Jika pengunjung sudah tertarik dengan website anda,maka kemungkinan mereka untuk membeli pun akan semakin tinggi.

Keempat. Sitemap dan Navigation.Jika anda menerapakan gaya minisite dalam web bisnis anda,maka sitemap bukan lah hal yang perlu diperhatikan.Jika anda menggunakan web bisnis dengan gaya normal,seperti web bisnis kebanyakan,maka sitemap adalah hal yang perlu diperhatikan.Sitemap bisa memperbaiki posisi anda di search engine.Anda juga jangan lupa terhadap navigasi web anda.Saya pernah mengunjungi sebuah web bisnis dengan gaya minisite,untuk melihat halaman persentasi nya saja,kita harus subscribe dulu,harus melakukan konfirmasi email dulu hanyak untuk melihat halaman persentasinya.Akhirnya saya tidak melanjutkan untuk mengetahui web tersebut lebih lanjut.Saya keburu malas dengan navigasinya yang rumit dan bertele-tele.

Kelima. Penggunaan image dan text. Anda perhatikan penggunaan gambar dan teks dalam web anda.Janganlah terlalu banyak mempergunakan gambar dengan ukuran besar.Karena itu akan memperlambat loading website anda. Penggunaan teks juga harus anda perhatikan.Menurut pengalaman saya,website dengan penggunaan jenis huruf verdana dan geneva mempunyai tingkat penjualan yang lebih baik,daripada kita menggunakan jenis huruf yang lain seperti times new roman,dan courier.Susunan teks dan gambar harus dinamis dan sinergi.Jangan menaruh gambar yang aneh-aneh.Taruh saja gambar yang sederhana,yang menggambarkan bisnis affiliasi anda.

Keenam. Ukuran page dan waktu download. Jika anda mempergunakan web dengan media flash,akan sangat memperlambat waktu loading web anda,walaupun memang web dengan gaya web terlihat lebih menarik.Anda harus ingat tujuan anda adalah menjual produk,bukan mengikuti kontes website terindah.Waktu loading yang lama akan sangat menurunkan tingkat penjualan anda.Karena menurut penelitian,loading website yang lebih dari 5 detik,akan ditinggalkan oleh pengunjung.Maka perhatikan baik-baik aspek yang satu ini.

Nah itulah tips untuk website anda yang harus anda terapkan.Semoga bisa eningkatkan penjualan anda kedepan nya.Jika anda punya kritik,saran,dan merasa artikel dari saya bermanfaat,tolong beri komentar ya! Ayo kita berdiskusi Sumber: Bisnis affiliasi Dot Com

No comments: