June 25, 2009

Ber Iklan Perlu Bijak, Bukan Mahalnya Tapi …

Ber Iklan Perlu Bijak, Bukan Mahalnya Tapi …
Oleh : Harmen Batubara

Menurut the Asian Brain, tipe kepemimpinan The Improver, adalah bila anda cenderung memiliki kepribadian yang ingin selalu menjadikan sesuatunya lebih baik. Kedengarannya sih oke-oke saja, tetapi bila tidak terkendali hal itu akan menjadikan anda seorang perpectsionis. Yang menjadikan anda pusing tujuh keliling, bila melihat sesuatu tidak pada tempatnya. Sebab bila Anda menjalankan bisnis dengan menonjolkan gaya improver alias ingin selalu memperbaiki. Maka bukan tidak mungkin anda akan terjerat, dalam upaya yang tidak ada ujung. Bayangkan, seharusnya anda sudah harus menekuni aspek pemasaran, misalkan anda sudah punya took, serta semuanya sudah tertata dengan semestinya. Tapi kemudian perpectsionis anda kambuh, maka bisa-bisa seharian anda hanya menoto took. Sementara niat untuk memperkuat pemasaran anda jadi lupa.
Karena itulah harus dapat memenaje waktu, dan juga tidak lupa atas rencana yang telah anda buat. Pernah ga memperhatikan kebiasaan penjaja sebuah took yang menyebalkan. Katakanlah ada sebuah took elektronik, tokonya sih menarik, barang dagangannya juga oke-oke, harga juga boleh dibilang bagus. Tetapi sayangnya, jam bukanya tidak pernah tepat. Kalau si pemiliknya lagi senang, dia sudah buka sejak jam 06.30; tetapi kalau lagi malas, dia bisa buka jam 09.00. Malah kalau lagi ada hajatan kawan, tokonya malah di tutup. Bagi calon pelanggan, halnya sangat sederhana, pertama karena tertarik dia datang, lalu mencoba sesuatu, kalau oke, dia senang dan pasti akan datang lagi. Dalam bisnis kedatangan kembali inilag yang disebut “repeted order”. Dia akan datang dan datang, dan tentu saja akan membeli. Masalahnya, kalau suatu saat dia mengandalkan Toko anda, tetapi pas dia butuh dan datang, ternyata took tidak buka. Maka dapat dipastikan, dalam benaknya sudah mencap took anda tidak bisa diandalkan.Dia hanya memperlakukan took anda sebagai cadangan....
Dalam dunia internet, haljuga tidak jauh berbeda. Anda harus berusaha membuat portal anda menarik. Karena itu dia harus spesifik atau sangat umum dan menarik. Sekali dia datang, buatlah dia makin tertarik, mungkin di sana ada sesuatu yang bisa dia manfaatkan, yang bisa diambil secara gratis dan bermanfaat pula. Kalau yang dia peroleh itu sesuatu yang sangat berharga. Berharga tentu banyak sekali ragamnya.Tapi yang dimaksud berharga disini, adalah sesuatu yang memang bermanfaat bagi dirinya. Tentang itu, tentu andalah yang paling tahu. Kemudian ternyata tulisan-tulisan dalam portal anda juga menarik, baru, unik dan up-tudate, pastilah dia makin tertarik. Dan sekali dia tertarik apalagi jatuh hati, maka secara tidak sengaja, dia sudah merasa “at-home”. Maka tentu saja selanjutnya, terserah anda. Mungkin anda mengajaknya menjadi reseller, atau menjadi teman bisnis, atau malah sekedar sahabat.
Kalau anda sudah sampai pada tahapan itu, maka upaya yang perlu terus di gali adalah, memperkenalkan site,portal,blog anda ke semua orang. Caranya ya banyak sekali. Salah satunya lewat iklan. Yang penting diingat, luangkan waktu anda untuk kegiatan berpromosi. Promosi itu ada banyak cara, bisa lewat on-line dan juga ada yang off-line. Kalau misalnya anda akan beriklan, tentu hal pertama yang terpikirkan adalah persoalan budget, apakah anda sudah punya dana untuk itu. Kalau belum ya carilah promosi tanpa bayar. Apa ada? Ya ada dan banyak. Anda bisa kemana-mana, dan teriak-teriak di belantara internet, dunia maya.
Dari berbagai kalangan, cara mereka berpromosi adalah memasang iklan, dan memilih media yang pas untuk itu. Cara seperti ini juga banyak digunakan para reseller top. Jangan takut untuk menjadikan uang yang cari uang. Malah dalam banyak hal tidak ada salahnya mempergunakan uang untuk menggantikan tugas anda berpromosi di internet. Karena yang utama adalah produk anda, harus ada yang menjajakan. Sejauh hal itu masih memberikan profit, tentu cara seperti ini adalah cara paling pas dan efektif, santai dan memberi hasil luar biasa! Anda bisa terapkan kekuatan leverage di sini...
Kata pak Joko, cobalah dengan langkah sederhana.Pertama, anda melakukan tes dulu dengan menginvestasikan sejumlah uang, misal Rp 50.000 untuk beriklan. Dari modal ini, jika anda menghasilkan 3 penjualan dan berarti anda mendapat komisi Rp 300.000, Logikanya kan anda memperoleh profit Rp 250.000. Selanjutnya, anda bisa gunakan sebagian atau seluruh profi tersebut untuk beriklan sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Demikian seterusnya, hingga sebagian besar profit bisa masuk di kantong, dan sisanya anda putar lagi.
Enak dan santai bukan? Yang pasti cara ini dijamin bebas stres! Silakan coba... anda tidak akan menyesal. Tidak perlu dana besar dulu, mulai saja dari Rp 50.000 sampai 100.000,- lalu lipatgandakan. Pak Joko bilang Bisnis internet itu simpel kok... tidak perlu dibuat rumit.
Jika anda berminat mencoba strategi ini, jenis sarana investasi iklan, website atau program pemasangan iklan, maka pak Joko dengan pengalamannya menyarankan dengan cara sbb:
• Beli traffic 1 : PPC lokal : Anda membayar setiap klik (sangat direkomendasikan)
Penting: Upayakan untuk tidak membeli traffic dengan harga lebih dari Rp400-500 per kliknya. Dengan demikian, dengan jumlah modal yang sama anda bisa mendapat traffic lebih banyak.

Juga di KumpulBlogger.com
(kumpulblogger.com/advertiser.php?mn=advertiser)

AdSentra.com
http://www.adsentra.com

KlikSaya.com
(blog.kliksaya.com/panduan-pasang-iklan/)

PPCindo.com
(ppcindo.com/ppc/?section=user&action=register&t=adv)
Adspeedy.com
http://www.adspeedy.com
AdsenseCamp.com
http://www.adsensecamp.com
Paneniklan.com
http://www.paneniklan.com
Indofad.com
http://www.indofad.com
Tinggalklik.com
http://www.tinggalklik.com
• Beli traffic 2 : PPC GOOGLE Adwords : Anda membayar setiap klik
(sangat direkomendasikan)

tutorial visit: sibermedia.com/ atau
ronaldkang.com/diary/panduan-tutorial-menggunakan-google-adwords/ atau bisa juga belajar adwords lebih detail di http://www.google.com/adwords/learningcenter/

belajar meningkatkan performa adwords di
http://www.google.com/adwords/learningcenter/text/index.html#section6

belajar adwords via video di
http://www.searchmarketingvideos.com/gaw/
• Pasang iklan teks dilihat 30.000 pengunjung setiap hari, anda membayar per bulan

ads.iklanhouse.com
• Pasang iklan banner (gambar yang bisa di-klik), anda membayar per bulan.
bluefame.com, duniaanda.com, bayumukti.com, atau tawaran pemasangan iklan berbayar di berbagai forum dan iklan baris. Di beberapa PPC lokal yang saya sebutkan diatas, beberapa juga menawarkan pemasangan banner dengan biaya per klik dan per bulan. Silakan anda periksa.
• Pasang iklan token di www.iklanbaris.co.id
• Beli software pengirim iklan massal.
Anda membayar per bulan atau sekali saja. (misal pemasangiklan.com (direkomendasikan), suryapromo.com atau http://autoiklan.web1000.com/)

• Gunakan jasa pemasang iklan, anda membayar per bulan.
misal pemasangiklan.com, mesinpromo.com atau republikwebsite.com.
Cara yang juga cukup efektif adalah anda kontak pemilik web yang cukup ramai trafficnya dan tawarkan untuk memasang banner/link anda dengan biaya tertentu. Untuk ini, anda harus mengetahui tingkat keramaian situs web tersebut.
Pak Joko juga member catatan: Jika anda bersikeras mau menggunakan tenaga dan waktu anda untuk melakukan promosi sendiri, atau bahkan anda lakukan keduanya (cara bayar dan gratis) maka saya sarankan anda rajin promosi di situs-situs iklan baris. Tapi pakai cara pintar, yaitu gunakan servis gratis pemasangan iklan baris otomatis atau pasang manual hanya ke iklan baris teramai di Indonesia.
Pemasangan iklan otomatis (sekali klik ke ratusan situs iklan baris) bisa anda lakukan di sini: http://www.growurl.com. Jika anda register, bisa melakukan pemasangan iklan lebih leluasa lagi. Silakan pelajari tata caranya web tersebut.
Panduan pemasangan iklan di situs-situs iklan baris terpopuler secara lengkap bisa anda lihat disini: http://www.formulabisnis.com/reseller/

No comments: