April 11, 2009

Hal Yang Wajib Diketahui Para Pebisnis Online

Oleh: Joko Susilo
Menurut mereka, Peluang bisnis paling baru, paling besar, paling misterius, dan yang paling tidak dipahami namun paling menjanjikan adalah peluang yang ditawarkan oleh bisnis on line di internet. Setiap hari, bisnis internet semakin besar, semakin baik dan semakin membantu bagi kehidupan masyarakat, khususnya para marketer dantentu saja para konsumen itu sendiri. Tetapi, menurut Joko Susilo, siapa saja yang ingin memanfaatkan bisnis di internet, harus memahami tiga fakta berikut ini:

1. Online marketing hanya akan berjalan jika anda juga memahami dan mengerti tentang dunia marketing.
2. Online marketing berarti tidak hanya sekadar mempunyai situs web.
3. Online marketing hanyalah seper sekian persen dari keseluruhan marketing.

Di internet segalanya ada dan semua orang tahu itu. Tetapi belum semua orang siap untuk
Melakukannya secara online, karena tidak semuanya siap untuk melakukan pembelian dengan
internet. Dengan kata lain, jika anda ingin meningkatkan kemampuan internet marketing, anda
juga harus terus melakukan marketing dengan media tradisional (offline). Karena anda
juga perlu memasarkan situs web anda. Bahkan ketika internet sudah mampu melakukan
penetrasi pasar sebanding dengan telepon, anda harus terus memasarkan situs web anda
karena setiap waktu anda harus mengembangkan situs anda. Televisi telah merevolusi
cara marketing, tetapi hampir semua pemasang iklan di TV juga memasarkan penawaran
mereka di tempat lain selain televisi. TV adalah bagian dari campuran marketing, tetapi
bukan bagian keseluruhan dari marketing.
Jika menggunakan media tradisional, anda harus mencurahkan waktu dan uang karena
banyak orang ingin tahu dimana mereka bisa mendapatkan informasi. Situs web anda
adalah tempatnya. Itulah sebabnya anda memerlukan situs web untuk memperluas
marketing anda. Dunia mulai belajar membeli sesuatu dengan cara baru dan cara itu
adalah online. Tetapi proses belajar masih berlangsung.
Internet marketing adalah esensi yang tidak berbentuk tapi untuk jangka panjang. Ia terus
berubah sebagai pahlawan baru teknologi yang mencoba untuk mencari tahu bagaimana
melayani public dengan cara terbaik. Teknologi online ini sanggup menyenangkan semua
orang. Benar begitu?
Kenyataannya, banyak orang yang justru terkecoh. Pebisnis pemula sering salah paham.
Bisnis yang mereka ciptakan tidak dibarengi pengembangan realitas konsumen online.
Padahal, faktor terpenting dalam bisnis internet adalah mengetahui apa yang dicari
konsumen terlebih dahulu. Sehingga setelah banyak uang dihamburkan demi membuat
satu situs web, hasilnya penjualan produk tetap mengecewakan.
Nah, sebaliknya yang harus anda lakukan. Jangan terburu nafsu untuk membelanjakan
uang demi sebuah situs web. Anda harus paham aturan mainnya. Ya, ketika anda sudah
memperoleh keuntungan yang konsisten dari situs web anda, barulah anda serius
mengembangkan situs web tersebut. Tapi, jika keuntungan yang anda peroleh dalam
jangka pendek tidak seperti yang anda harapkan, bisa jadi situs web anda malah akan
membawa anda ke posisi bangkrut. Dan, keuntungan itu akan datang jika anda memenuhi
syarat berikut ini....
Pertama, perencanaan: ketahui tujuan situs web anda, siapa market anda. Apa yang ingin anda capai dan apa yang anda tawarkan dengan situs web anda.
Kedua, konten: buat konten yang menarik bagi pengujung. Dan paksa pengunjung untuk
kembali dan kembali lagi ke situs web anda.
Ketiga, desain: desain situs web anda menentukan ketertarikan pengunjung. Jika mereka
suka dengan desain anda, ada kemungkinan mereka betah “nongkrong” di situs web
anda. Tapi, sebaliknya jika mereka tidak suka dengan misalnya, pilihan warna atau
gambar, sangat besar kemungkinan kunjungan mereka tidak akan lama. Khususnya bagi
pengunjung baru yang belum menjadi daftar kontak anda. Artinya, ada jeda sebelum
pengunjung memutuskan pergi atau melanjutkan navigasi mereka. Jeda ini yang harus
dimaksimalkan dengan membuat desain halaman web senyaman mungkin buat
pengunjung anda.
Keempat, libatkan pengunjung. Artinya, anda harus bisa membuat pengunjung
setidaknya memberikan alamat email mereka untuk anda. Atau, sign up dan bersedia
menerima email penawaran kiriman anda. Jadi, buat interaksi dengan mereka. Luaskan
jaringan agar anda bisa mengambil keuntungan.
Kelima, software. Gunakan software yang mudah digunakan agar anda mudah
mengontrol bisnis anda. Berpikirlah untuk menghemat waktu dan tenaga. Karena anda
perlu menciptakan strategi dan produk-produk segar yang akan mendorong kemajuan
bisnis anda.
Keenam, follow-up. Jangan lupa untuk melakukan follow up. Mereka yang sudah
mengunjungi situs web, mengirim email pada anda, menanyakan kesulitan yang mereka
hadapi, harus segera anda respon. Jaga hubungan dengan para pengunjung karena
mereka adalah prospek yang berpotensi menjadi mitra atau pembeli produk anda.
Ketujuh, promosi. Lakukan promosi situs web dengan menndaftarkannya pada search
engine dan mailing list. Dan hubungkan dengan situs web lain. Atau anda juga bisa
mempromosikannya secara offline dengan memasang iklan di media massa.
Kedelapan, pengelolaan. Bisnis internet itu dinamis, selalu berkembang. Sebuah situs web
membutuhkan perubahan, adaptasi, penyegaran, dan pembaruan yang disesuaikan
dengan kondisi perkembangan pasar dan teknologi yang ada. Apalagi jika bisnis anda
semakin berkembang. Anda harus mempertahan pelanggan anda di tengah persaingan
yang kompetitif. Dan, seperti kata orang, mempertahankan gelar itu lebih sulit daripada
memenangkannya.
Dulu, orang suka dengan situs web yang panjang lebar karena memang begitulah selera
pasar yang sedang trend. Tetapi, selera masyarakat pastinya berubah dari waktu ke
waktu. Lama-lama orang menyadari betapa berharganya waktu. Logikanya, pengunjung
yang datang ke situs web anda akan langsung mencari inti dari situs web anda. Apakah di
situs ini ada sesuatu yang mereka cari? Jika ada mereka lanjut jika tidak mereka akan
segera pergi. Karena itulah orang cenderung membuat situs web yang to the point.
Meskipun begitu, masih banyak situs web yang memiliki halaman panjang. Uniknya,
terdapat segmen-segmen kecil di dalamnya. Di sinilah mereka mengkhususkan target
untuk menjaring pengunjung. Dan dengan cara ini pula, anda bisa menjalin hubungan
akrab dengan pengunjung baru yang lebih luas. Karena meski tema situs web anda luas,
masih ada ruang khusus yang menampung tema-tema tertentu.

No comments: