April 18, 2009

BAGAIMANA MEMBUAT BLOG (1)

Oleh : Harmen batubara
Pada edisi sebelumnya, anda sudah bisa membaca bagian dari cara memulai pembuatan Blog; yang dapat Anda dapat malakukan uji coba bagaimana caranya membuat sebuah Blog pada www.Blogger.com. Pada waktu itu disebutkan Hal pertama atau langkah pertama yang anda lakukan adalah, Anda harus telah membuat account pada blogger.com. Nah disinilah persoalannya. Bagi pemula semua istilah ini tentu sangat beda atau belum kenal sama sekali. Bagaimana membuat sebuah akun (account) pada Blog? Bagi mereka yang sudah bisa sih tidak jadi soal, mereka dengan mudah melakukannya. Tapi bagi pemula “tinting”. Gimana caranya ? Pertama buka internet anda. Lalu cari WWW.Blogger.Com”, nanti setelah ketemu cari cara membuat Account, maka anda akan dituntun, kalau salah terus aja ulangi, sampai anda memperoleh Nama Blog dan Hosting gratisnya, tegasnya lagi alamat Blog anda atau disebut “URL” anda. Setelah Anda sudah punya URL dimaksud, maka anda klik link "Buat Blog".
Pada Langkah 2, masukkan judul dan alamat (URL)atau nama pemberian Blog yang diberikan kepada anda. Pada langkah ketiga, anda harus mengetikkan kata verifikasi yang ditampilkan di halaman tersebut. Setelah selesai, klik "lanjutkan".
Pada langkah 4, Anda dapat memilih template / cetakan untuk blog Anda; dengan demikian anda bisa memilihnya langsung. Pilihan itulah nantinya yang jadi tampilan Blog anda, dan itulah yang akan muncul ketika Anda mempublikasikannya. Selanjutnya, Blogger akan membantu anda membuat blog baru Anda dan mencadangkan spot Anda di BlogSpot. Jangan takut untuk mengutak atiknya, kalau salah ya matikan saja, dan mulai lagi. Memang kedengarannya “bego” amat, tetapi memang demikianlah adanya. Yang enak itu ajak seorang teman yang sudah pintar, maka dia akan dengan mudah menuntun anda, untuk melakukannya. Tapi percayalah, anda sendiri perlu belajar terlebih dahulu. Kalau sama sekali sangat awam, ya rada susah.
Mungkin samalah kalau anda lagi belum bisa mengenderai mobil, teman anda dengan mudah menjelaskan lanhkah-lanhkahnya, tetapi selama anda tidak mencoba sendiri, maka percayalah anda tidak akan pernah bisa mengenderai mobil. Untuk itu anda harus berani, dablek dan tahan banting. Ibarat mobil, ya biar saja penyak – penyok. Tappi apakah tidak bisa dengan jalan yang lebih elegan ? Bisa belajar mobil dengan baik, tetapi mobilnya sendiri tetap mulus? Ya bisa, anda harus sabar. Mulailah dengan benar, pelajari teorinya, cari seorang teman yang sudah bisa dan berkenan jadi mentor anda? Maka semua akan berjalan secara terukur. Benar dan Bisa. Seperti Partai Demokrat itu lho yang bekerja secara, sistematis, ditangani oleh orang yang memang bisa, dan berdedikasi. Ya jalan, hasilnya meningkat 300%.
Kita kembali ke Blog. Segera setelah Anda membuat posting pertama, halaman Anda akan muncul di alamat yang Anda pilih. Begitu saja, gampangkan? Ya kali

No comments: