April 09, 2009

3 Jurus Ampuh Ikut Kawan

3. Lakukan follow up via phone call or sms
Oleh : Joko Susilo

Salah satu masalah para reseller di program ini adalah tidak semua prospek yang telah order akan benar-benar meneruskan hingga ke proses pembayaran. Karena hal itulah, pada tahap ini kita harus pro aktif. Dan satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah melakukan follow up.
Mungkin anda bertanya, kenapa saya tidak menyarankan anda melakukan follow up via email? Jawabannya, karena sistem kami telah melakukannya. Sejak pengunjung subscribe (menjadi prospek), dan prospek mengisi form pendaftaran, sistem email kami secara otomatis akan mengirim follow up secara berkala.
Namun berdasarkan pengalaman, cara yang paling ampuh dan mengena adalah dengan melakukan follow up melalui sms, bahkan jika perlu call langsung. Dengan cara ini pendaftar akan merasakan kontak yang lebih dekat dan tergerak untuk meneruskan ke pembayaran.
Anda tahu kan, seharusnya setelah mereka mengisi form order, mereka segera meneruskan ke pembayaran? Nah tugas anda adalah pastikan bahwa seharusnya mereka bertanggung jawab terhadap pengisian order yang telah dilakukannya. Caranya, kita follow up via sms. Misal seperti ini:
Makasih atas pendaftarannya pak. Kami tunggu kabar selanjutnya. (nama anda – formulabisnis.com)
Sekedar info, sebentar lagi harga formulabisnis.com dinaikkan mjd Rp 370rb. (nama anda – formulabisnis.com)
Anda mendaftar tadi pagi pak? Jika sudah transfer harap konfirm ke kami.(nama anda – formulabisnis.com)
Maaf, kira2 jam brp pendaftaran akan diselesaikan? (nama anda – formulabisnis.com)
Jadi gabung hari ini pak? Krn bentar lagi harga dinaikkan lagi mjd 300 rb.(nama anda – formulabisnis.com)
Pendaftaran anda sudah diselesaikan? Ada kesulitan?(nama anda – formulabisnis.com)
Catatan: anda bisa bikin template naskah sms dan simpan di handphone anda. Sehingga jika sewaktu-waktu anda ngin melakukan follow up, bisa lebih praktis dan cepat.
Intinya, tulis follow up yang memancing mereka untuk menjawab. Dan jika jawaban mereka positif... misal “oh saya jadi join, mungkin sore ini”, maka mereka akan merasa bertanggung jawab untuk membuktikan ucapannya.
Satu lagi, jika bisa buat sms anda personal. Cantumkan nama penerima di sms anda agar penerima lebih merespon sms anda. Untuk data pendaftar beserta nama dan no HP nya bisa anda lihat di tabel Calon Member di Member Area.
Lakukan sms setiap hari selama 3-4 hari. Ini akan membuat mereka perlu segera menyelesaikan proses pendaftaran.
Bagaimana dengan masalah biaya? Tidak perlu begitu dipikir. Untuk satu prospek yang perlu sms 3-4 kali mungkin akan membutuhkan biaya Rp 1.000 saja. Dan jika prospek benar-benar join, profit anda Rp 100.000,-. Lumayan bukan?
Apalagi sekarang banyak provider yang menawarkan sms murah banget. Esia misalnya, dengan hanya Rp 1 per karakter. Atau provider lain dengan tarif bermacam-macam. Anda pilih saja mana yang disuka.
Penutup
OK, 3 langkah itu saja yang saya sangat yakin akan melonjakkan penghasilan anda sebagai pebisnis reseller. Anda tidak harus mengerjakan 3 langkah itu sekaligus, namun jika anda bisa melakukan semuanya, hasilnya akan luar biasa.
Mulailah dari apa yang anda bisa dulu, lalu lambat laun sempurnakan strategi anda berdasarkan 3 jurus di atas.
Selamat berjuang...

No comments: